Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terduga Flu Burung Meninggal Dunia

Kompas.com - 23/03/2011, 18:22 WIB

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Diduga terinfeksi flu burung (Avian Influensa) Sri Supartilah (26) warga Desa Pacarejo, Semanu Gunungkidul, meninggal dunia saat dirawat di RS Sardjito, Yogyakarta, Rabu (23/03/2011). Ibu rumah tangga ini sempat menjalani perawatan medis selama 3 hari dengan indikasi mirip terkena avian influenza.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dr Sri Raharto mengatakan, kepastian penyebab meninggalnya korban hingga kini belum diketahui. Kalaupun ada indikasi flu burung, semua masih butuh proses pemeriksaan laboratorium. Bahkan berkait dengan ini sekarang dilakukan repietes di Kementerian Kesehatan.

"Semua masih dalam proses dan kita tidak bisa secara serta merta menyatakan penyebab meninggalnya pasien ini karena terserang flu burung," ujarnya hati-hati.

Sri Raharto menambahkan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan dinas Peternakan maupun instansi terkait. Sementara informasi yang dihimpun, sebelum dirawat di RS Sardjito, pasien Sri Supartilah lebih dulu dirawat di RS Pelita Husada Gunungkidul karena suhu badan di atas normal.

Kemudian pasien tersebut disarankan untuk menjalani rawat inap. Karena tidak ada kemajuan, korban dibawa keluarganya untuk dirawat di RS Sardjito.

Beberapa hari setelah menjalani perawatan dokter akhirnya meninggal dunia. Terkait kejadian ini, Camat Semanu Drs Wastono meminta, agar masyarakat tidak cemas dalam menyikapi adanya informasi korban flu burung yang sifatnya masih dugaan.

"Saat ini masih dalam pemeriksaan di laboratorium Kemenkes RI, jadi kita tunggu saja hasilnya," katanya, Rabu (23/03/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com