Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buang Sial, Taman Unyil Berganti Nama

Kompas.com - 13/03/2011, 06:47 WIB

UNGARAN, KOMPAS.com — Bupati Semarang Dr Mundjirin SpOG akan mengganti nama dua tempat publik di Kota Ungaran karena selama ini dianggap kurang pantas dan tidak membawa keberuntungan. Dua tempat itu adalah Alun-alun Mini dan Taman Unyil.

Alun-alun Mini, yang sementara ini statusnya masih menjadi alun-alun kabupaten, sebelum alun-alun baru dibangun akan berubah nama menjadi Alun-alun Sidomulyo, sementara Taman Unyil akan berganti nama menjadi Taman Serasi.

'Coba bayangkan saja, Ungaran sebagai ibu kota ini kotanya sangat kecil, alun-alunnya mini, pendoponya juga kecil, tamannya juga unyil. Bagi saya nama itu penting, nama itu doa yang membawa harapan dan semangat kepada warganya,' jelasnya, Sabtu (12/3/11).

Ia juga tak menolak anggapan bahwa alasan perubahan nama Taman Unyil menjadi Taman Serasi adalah lebih sebagai upaya menghapus citra negatif atas satu-satunya taman yang dimiliki ibu kota Kabupaten Semarang itu. Maklum, sejauh ini bagi warga Ungaran dan sekitarnya tempat ini lebih dikenal sebagai tempat mangkalnya para waria dan PSK pada malam hari.

'Ya, itu kenyataan yang tidak bisa dibantah. Kami akan lakukan pembenahan, dibuat lebih terang, lebih bersih, dan lebih ditertibkan lagi,' ungkapnya.

Salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Semarang, Gus Rokhiem (45), mengatakan, dalam budaya Jawa dikenal istilah Kabotan Jeneng (keberatan nama-red), yakni kondisi di mana musibah, kesialan, penyakit, dan hal-hal buruk lainnya diyakini disebabkan salah satunya oleh nama yang tidak pas atau sesuai.

Menurutnya, selama 10 tahun terakhir situasi politik di Kabupaten Semarang sangat terpuruk. Dendam politik membuat hubungan antara eksekutif dan legislatif memburuk sehingga pembangunan terabaikan. Tidak itu saja, suksesi dua bupati sebelum Munjirin juga berlangsung tidak normal karena bupati tersandung masalah.

"Sejarah kita yang tak pernah lepas dari prahara politik mungkin menjadi pertimbangan Pak Bupati baru untuk mengganti nama sejumlah ikon di Kabupaten Semarang. Semoga ikhtiar ini juga diiringi perubahan perilaku pemimpin kita,' pungkasnya.

Di sejumlah kesempatan, Munjirin sudah menyampaikan perubahan nama dua landmark kota Ungaran itu. Namun, penetapan secara resmi nama Taman Serasi dan Alun-alun Sidomulyo baru akan dilakukan Selasa (15/3/11), bersamaan dengan resepsi peringatan hari jadi Kabupaten Semarang di pendopo rumah dinas bupati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com