Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Paksa 8.000 Lebih Warga Mengungsi

Kompas.com - 08/03/2011, 18:46 WIB

BREBES, KOMPAS.com — Kerugian bencana banjir yang melanda lima desa di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, diperkirakan mencapai Rp 1 miliar lebih.

Kepala Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Brebes, Selasa (8/3/2011), mengatakan, bencana banjir yang diakibatkan jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung, Senin, telah memorak-porandakan 2.630 rumah, ratusan ternak, dan lahan pertanian.

"Kendati saat ini banjir sudah mulai menyurut, kami mengingatkan masyarakat tetap waspada," katanya.

Bencana banjir dengan ketinggian sekitar 1,5 meter, juga sempat menyebabkan ribuan jiwa mengungsi ke tempat lebih aman. "Namun, saat ini warga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing karena kondisi air telah menyusut sekitar 70 sentimeter," katanya.

Lima desa yang terendam banjir adalah Bojongsari, Babakan, Karang Sambong, Jati Kawit, dan Desa Kalibuntu.

Bencana banjir di Bojongsari telah mengakibatkan 700 rumah warga terendam air, 2.800 jiwa mengungsi, 150 hektar lahan pertanian hancur, serta 500 ayam dan tujuh kambing mati.

Di Desa Karang Sambong, banjir mengakibatkan 700 rumah terendam air, 2.800 jiwa mengungsi, 10 hektar lahan pertanian gagal dipanen, serta 200 ayam dan 70 kambing mati.

Adapun di Desa Babakan, bencana banjir itu telah mengakibatkan 700 rumah warga terendam, 1.200 jiwa mengungsi, dan 50 hektar lahan pertanian hancur.

Di Desa Jati Kawit, 20 rumah terendam air, 80 jiwa mengungsi, delapan hektar lahan pertanian gagal dipanen, dan 15 kambing hanyut terbawa air banjir.

Untuk di Desa Kalibuntu, banjir mengakibatkan 500 rumah warga terendam, 2.000 jiwa mengungsi, dan 10 hektar lahan rusak.

Saat ini para korban yang sempat mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing untuk bergotong royong memperbaiki rumahnya yang rusak dan membersihkan kotoran lumpur yang menempel di lantai.

"Saat ini, warga dibantu TNI, Kesbangpolinmas, Polri, dan PMI bergotong royong memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak," katanya.

Untuk meringankan beban korban banjir, Pemkab Brebes juga telah menyalurkan bantuan 8,5 ton beras dan 300 mi instan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com