Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja 16 Tahun Dipasung Orangtuanya

Kompas.com - 08/03/2011, 14:30 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Karena sering mengamuk dan menyakiti diri sendiri, seorang remaja berusia 16 tahun di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dipasung oleh orangtuanya. Kondisi Etik Dwi Wahyuni, warga Dusun Bulu, Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, ini tak seberuntung anak-anak lain seusianya yang bisa menikmati masa remaja dengan berbagai aktivitas.

Etik dipasung sejak 6 tahun silam saat masih berusia 10 tahun. Orangtuanya, Mugimin dan Sukarti, sebenarnya tidak tega memperlakukan Etik seperti ini. Namun, jika tidak dipasung Etik sering mengamuk dan merusak perabot rumah tangga. "Tak hanya itu, ia juga sering menyakiti dirinya sendiri dengan membenturkan kepalanya ke tembok dan mengigiti sendiri jari tangannya," kata Sukarti di rumahnya, Selasa (8/3/2011).

Remaja perempuan anak pasangan Mugimin dan Sukarti ini terpaksa dipasung dengan tali kain dan 4 gembok di kaki dan tangan karena gangguan kejiwaan. Berbagai upaya pengobatan sudah dilakukan orangtua Etik ke sejumlah rumah sakit di Gunung Kidul dan Yogyakarta. 

Meski semua ternak dan tanah pertanian habis terjual untuk pengobatan, kesembuhan tak kunjung didapat. Karena tidak lagi ada biaya, sejak 5 tahun lalu orangtua Etik yang berprofesi sebagai petani ini memutuskan untuk menghentikan pengobatan. Sukarti berharap kondisi etik dapat kembali normal seperti anak-anak lain, yang mampu menatap masa depan. "Sejauh ini, bantuan datang sebatas dari tetangga saja, sementara bantuan dari pemerintah tak lagi cukup untuk menebus obat," imbuh Sukarti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com