Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wings Air Buka Rute Malang-Denpasar

Kompas.com - 07/03/2011, 15:03 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Wings Air, anak perusahaan Lion Air, hari Senin (7/3/2011) mulai melayani rute penerbangan Malang-Denpasar, menjawab kebutuhan pasar selama ini terhadap rute wisatawan ke dua tujuan wisata.

Wings Air menggunakan pesawat jenis ATR 72-500 berkapasitas 72 tempat duduk, yang disebutkan telah dilengkapi dengan cabin modern.

Andi Burhan, general manager Wings Air menjelaskan, penerbangan berlangsung tujuh hari seminggu berangkat dari Bandar Udara (Bandara) Abdul Rachman Saleh Malang pukul 14.25 dengan nomor penerbangan IW 1841 , dan berangkat dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar pukul 14.00.

Dijelaskan, pesawat ATR ini merupakan pesawat yang baru dibeli dari pabriknya Avions De Transport Regional (ATR), pabrik pembuat pesawat bertenaga turboprop di Perancis.

Jumlah pesawat yang dipesan secara pasti dan akan dioperasikan oleh Wings Air sebanyak 30 pesawat , sudah mulai dioperasikan sejak Januari 2010. "Sampai Februari 2011 telah menerima dan mengoperasikan sepuluh pesawat, dan direncanakan lima pesawat lagi akan tiba sampai Agustus 2011," kata Andi Burhan, mengutip penjelasan Direktur Utama Wings Air, Achmad Hasan.

Rute Malang-Denpasar sudah ditunggu-tunggu sejak 2005, ketika Bandara Sipil Abd Saleh Malang kembali dioperasikan yang memanfaatkan fasilitas TNI AU di Lapangan udara Abd Saleh. "Malang selalu mengharapkan ada rute langsung penerbangan ke dan dari Denpasar, serta ke dan dari Yogyakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Malang Nasarudin Selian .

Ini untuk menegaskan ambisi Malang bersa ma satelitnya Kota Batu dan Kabupaten Malang untuk menegaskan identitasnya sebagai kota atau wilayah tujuan wisata nasional dan internasional, selain Yogyakarta dan Denpasar.

"Kita selalu berharap wisatawan manca negara akan menempuh rute Denpasar Malang, sebelum masuk Yogyakarta, setelah masuk Indonesia lewat pintu Denpasar. Demikian juga sebaliknya, dari Yogyakarta atau Jakarta ke Denpasar melalui Malang," tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com