Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Nyepi, Denpasar Mulai Lenggang

Kompas.com - 03/03/2011, 19:54 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Dua hari menjelang pelaksanaan Hari Suci Penyepian 1933 Saka, Kota Denpasar dan sekitarnya mulai lengang dibanding biasa karena sebagian warga mengarus meninggalkan Pulau Bali.

Jalan Puputan Badung, Kota Denpasar, Kamis (3/3/2011) siang, yang menjadi landmark ibukota Provinsi Bali itu tidak ramai.

Beberapa kantor pemerintah yang berlokasi di seputaran lapangan Puputan Badung itu juga lengang dari para pegawainya.

Kebanyakan warga Kota Denpasar mulai mengarus menuju kampung halaman masing-masing untuk melakukan beberapa prosesi upacara keagamaan Hindu Dharma sebelum Hari Suci Penyepian 1933 Saka dilaksanakan pada Sabtu nanti (5/3/2011).

Salah satu upacara keagamaan itu adalah melasti yang dimulai dari banjar masing-masing menuju lokasi akhir di pantai-pantai terdekat, beberapa di antaranya adalah Pantai Padanggalak dan Pantai Sanur di Kota Denpasar.

Untuk banjar-banjar yang terletak di sekitar Kota Denpasar, upacara melasti dilakukan pada Rabu kemarin di Pantai Padanggalak dan Pantai Sanur.

Kelengangan serupa juga terjadi di Jalan WR Supratman, Jalan Gajah Mada dan sekitar Pasar Badung, yang menjadi salah satu barometer aktivitas perdagangan dan perekonomian Provinsi Bali.

Banyak los pasar terbesar di Bali itu yang lengang karena para pedagang dan pembelinya mudik ke kampung halaman masing-masing.

Pada hari biasa, pasar itu sangat ramai dan kemacetan lalu lintas selalu terjadi di jalan-jalan penghubung menuju pasar itu.

Pasar Kereneng yang menjadi pasar paling ramai kedua di Kota Denpasar sama lengangnya. Halaman parkir yang lebih luas ketimbang Pasar Badung hanya diisi beberapa mobil dan sepeda motor milik pedagang atau pembeli.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com