Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April, Bus Pariwisata Solo Beroperasi

Kompas.com - 03/03/2011, 18:13 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Bus tingkat pariwisata Solo, setelah selesai menjalani uji coba, mulai awal April 2011 dioperasikan penuh untuk melayani kunjungan wisatawan domestik ataupun mancanegara yang berkunjung ke kota tersebut. "Untuk sekarang ini memang masih terus dilakukan uji coba, tetapi nanti kalau sudah semua beres, akan secepatnya dioperasikan," kata Wali Kota Surakarta Ir Joko Widodo kepada wartawan di Solo, Kamis (3/3/2011).

Untuk tarif diberlakukan sesuai perda, yaitu sebesar Rp 20.000 per orang. Untuk sewa masih dibicarakan, termasuk mengenai rute bus yang akan dilewati.

Bus tingkat pariwisata Solo seharga Rp 1,8 miliar ini dibeli menggunakan dana dari APBD Kota Surakarta. Adanya bus tersebut diharapkan akan bisa mendongkrak pengembangan sektor pariwisata.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Purnomo Subagyo, dalam memajukan sektor pariwisata di kota ini masih akan ditambah empat kereta kencana lagi. "Untuk pengajuan dana pembuatan kereta kencana sebesar Rp 200 juta telah disetujui oleh DPRD setempat dan diharapkan akhir tahun ini untuk pengadaan empat kereta kencana itu sudah terealisasi," katanya.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Solo Benk Mintosih mengatakan, untuk bus tingkat pariwisata Solo merupakan satu-satunya di Indonesia, dan sekarang ini sudah banyak biro-biro travel yang inden untuk memanfaatkan.

"Saya kemarin melakukan paparan mengenai masalah bus tingkat pariwisata Solo ini di hadapan puluhan biro trevel di Jakarta, mereka menanggapi sangat positif dan bahkan sudah banyak yang pesan akan membawa wisatawan datang ke Solo untuk naik bus tersebut dalam mengunjungi obyek-obyek wisata di Solo," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com