Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flu Burung Terus Menyerang, 10 Ayam Mati

Kompas.com - 21/02/2011, 17:46 WIB

GARUT, KOMPAS.com - Kematian hewan ternak unggas jenis ayam secara mendadak di Desa/Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus bertambah, Minggu malam dilaporkan 10 ekor ayam mati.

"Saat melakukan peninjauan (Minggu malam) ke Desa Banyuresmi dari kepala desanya dilaporkan ada sepuluh ekor ayam mati," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Peternakan, Kabupaten Garut, Dida Kardiana, Senin (21/2/2011).

Sebelumnya dilaporkan tiga ratusan ayam milik warga dari beberapa kampung mati mendadak berdasarkan pemeriksaan akibat terjangkit virus H5N1 atau flu burung.

"Selama ini warga tak mau ayamnya dimusnahkan karena tidak percaya adanya virus itu. Padahal kalau ini dibiarkan akan terus bertambah," kata Dida.

Ia berharap masyarakat sadar pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan dengan memutus mata rantai penyebaran virus sehingga penyebarannya tidak berdampak pada manusia.

Upaya membujuk masyarakat koordinasi dengan aparat Kecamatan dan Desa, Dida berharap masyarakat mau menyerahkan hewan ternak unggasnya dengan dibeli oleh pemerintah sebesar Rp 12.500 per ekor.

"Mudah-mudahan hari ini (Senin) kami akan mengajak camat untuk melakukan sosialisasi bahaya virus yang menyerang ayam warga," kata Dida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com