Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budaya Tradisional Diindentifikasi

Kompas.com - 11/02/2011, 20:12 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Padang, mengidentifikasi dan memetakan tidak kurang dari 541 peninggalan budaya takbenda di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Bengkulu, sepanjang tahun 2010. Identifikasi dan pemetaan dilakukan agar tidak muncul lagi klaim budaya oleh negara.

Peninggalan budaya takbenda itu di antaranya berupa cerita rakyat, naskah kuno, permainan tradisional, seni tari, musik, ritual, perayaan tradisional, pengobatan tradisional, kebiasaan, makanan tradisional, pakaian tradisional, dan arsitektur tradisional.

Dari hasil pemetaan itu, terlihat peninggalan budaya takbenda dari Sumbar berupa makanan tradisional mendominasi. Namun itu karena secara geografis daerah Sumbar lebih luas diteliti. "Tahun ini dan selanjutnya, Bengkulu dan Sumsel juga akan makin diluaskan pendataannya," ujar peneliti Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Padang, Undri, Jumat (11/2) di Kota Padang.

Menurut Undri, yang saat ini dikhawatirkan ialah relatif tidaknya adanya proses transfer kebudayaan takbenda dan nilai-nilai tradisional itu kepada generasi muda.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com