Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beternak Lele Berharap Bisa Untung Besar

Kompas.com - 05/02/2011, 04:09 WIB

Abdullah (61) menunjukkan benih-benih ikan lelenya yang mati. Di tengah cuaca yang tidak menentu sekarang ini, panas dan dingin berganti dalam waktu cepat, benih ikan mudah mati.

Parwanto (50), peternak benih lele yang juga tinggal satu kampung dengan Abdullah di Dusun Tegalrejo, Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, bernasib lebih buruk. Sudah dua kali tebar benih, semua mati.

Peternak lainnya, Ridwan (31), mengatakan, benih dapat hidup 50 persen sudah bagus dalam kondisi seperti ini. Biasanya, benih usia 1-2 minggu rawan mati. Parwanto menambahkan, masa transisi dari benih yang diberi makan cacing sutra menjadi benih yang diberi pakan jadi (pelet) juga menjadi masa rawan kematian bagi benih.

Meski demikian, peternak di Ngesrep masih lebih memilih beternak benih lele ketimbang memelihara lele konsumsi. Pasalnya, meski sering terjadi kematian, masih lebih menguntungkan. Dari satu induk dapat dihasilkan puluhan hingga ratusan ribu benih. Modal peternak hanya membeli induk dan pakan yang tidak terlalu banyak karena benih segera dijual pada usia 1 atau 1,5 bulan. Benih dijual Rp 15 per sentimeter.

Jika memelihara lele konsumsi, peternak harus membeli benih dan pakan yang harganya semakin melambung. Sumarno (45), peternak lele di Kampung Banyuanyar, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, juga lebih memilih beternak benih lele ketimbang lele konsumsi. ”Beternak lele konsumsi rekasa (sengsara),” kata Sumarno, Selasa (1/2).

Untuk memelihara 1.000 lele konsumsi membutuhkan modal Rp 575.000-Rp 875.000 tergantung jumlah pakan yang diberikan. Harga pakan Rp 210.000 per zak isi 30 kilogram, semula Rp 203.000. Menurut Sumarno, baik peternak benih maupun lele konsumsi masih bergantung pada pakan pelet buatan pabrik. Peternak telah mencoba meramu sendiri pakan, tetapi benih dan ikan enggan makan pelet buatan peternak.

”Saya pernah membuat pelet dari bekatul, tepung ikan, dan unsur lainnya sama dengan unsur pelet buatan pabrik, tetapi benih tidak mau makan,” kata Sumarno.

Kabar tentang rencana impor ikan lele membuat peternak terheran-heran, seperti Chozin, peternak lele konsumsi di Banyuanyar. Menurut dia, jika itu terjadi, akan semakin mengempas nasib peternak.

”Kalau konsumen mungkin semakin banyak yang makan lele karena harga lele impor lebih murah. Tetapi kalau peternak akan semakin sedikit jumlahnya karena kalah bersaing,” katanya.

Sumarno berharap pemerintah membantu peternak mencari solusi untuk pakan yang murah agar harga lele terjangkau masyarakat. Menurut dia, konsumsi masyarakat terhadap ikan, termasuk lele, masih rendah karena daya beli rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com