Kamis, 23 Oktober 2014

News / Regional

Jalan Rusak

Jalur Lintas Selatan Jawa Rusak Parah

Jumat, 21 Januari 2011 | 17:14 WIB

CILACAP, KOMPAS.com - Kerusakan sejumlah ruas jalan nasional dan provinsi di jalur selatan Jawa Tengah yang melintasi Kabupaten Banyumas dan Cilacap semakin parah.

Pantauan di sejumlah ruas jalan yang menghubungkan Cilacap dan Purwokerto, Jumat (21/1/2011), kerusakan parah dijumpai di ruas Jalan Urip Sumoharjo Cilacap, Jalan Soekarno-Hatta Cilacap, Jalan Raya Karangkandri-Slarang, Jalan Raya Sampang-Rawalo, Jalan Raya Tambaknegara-Rawalo, dan Jalan Raya Sidabowa-Purwokerto.

Pada ruas-ruas jalan tersebut banyak terdapat lubang yang mengangga lebar maupun badan jalan yang ambles sedalam 10 centimeter sehingga menyulitkan kendaraan yang melintas terutama di jalur yang sempit seperti Jalan Raya Tambaknegara-Rawalo.

Seorang pengendara sepeda motor, Umar (34) mengaku kesulitan saat melintas di Jalan Raya Tambaknegara-Rawalo.

"Serba salah kalau melintas di ruas Tambaknegara yang sempit, banyak lubang, dan ambles di beberapa titik terutama di saat ada iring-iringan mobil. Kalau tetap berada belakang mobil, kita bisa menghantam lubang karena tak terlihat tetapi jika menyalip repot juga karena di sisi kanan juga banyak lubang," kata dia yang dalam perjalanan dari Cilacap menuju Purwokerto.

Seorang warga Adipala, Wagino (40) mengaku roda sepeda motornya penyok akibat menghantam lubang saat melintas di Jalan urip Sumoharjo Cilacap.

"Saat itu saya memboncengkan istri dan dua anak saya dalam perjalanan pulang ke Adipala. Ketika berusaha menghindari lubang-lubang di jalan itu, tiba-tiba dari arah depan ada mobil, saya pun terpaksa melintasi jalanan berlubang," katanya.

Akan tetapi tanpa disangka, roda motor justru menghantam lubang yang cukup lebar dan dalam hingga akhirnya terjatuh serta kedua rodanya penyok.

"Saya terpaksa menggunakan uang sumbangan pendidikan dan pembangunan (SPP) anak-anak untuk memperbaiki roda motor yang penyok," katanya.

Secara terpisah, Kepala Balai Pelaksana Teknis Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Wilayah Cilacap, Suwito mengatakan, seluruh kerusakan ruas jalan nasional dan provinsi di Kabupaten Cilacap, Banyumas, dan Purbalingga segera menjalani perbaikan rutin.

Selain itu, dua ruas jalan nasional dan sejumlah ruas jalan provinsi akan menjalani pelapisan ulang. "Saat ini masih proses lelang yang penandatangan kontraknya akan dilakukan pada bulan Maret," katanya.

Menurut dia, ruas jalan nasional yang diusulkan untuk pelapisan ulang berada di Sidareja sepanjang satu kilometer dan Tambakreja-Kedungreja sepanjang satu kilometer.

Sementara pelapisan ulang pada ruas jalan provinsi, antara lain Jalan Gumbreg Purwokerto sepanjang 2,5 kilometer dari arah Bundaran Rumah Sakit Umum Daerah Margono Soekarjo ke arah Pabuaran serta Jalan S.Parman Purbalingga.

"Selain itu, ruas Jalan Raya Sokaraja-Kalimanah juga akan dilapis ulang dan dilebarkan, lebar kanan-kiri jalan ditambah satu meter. Pelebaran jalan dan pelapisan ulang ini akan dimulai dari Kalimanah ke arah Sokaraja sepanjang dua kilometer," katanya.

Disinggung mengenai rencana perbaikan Jalan Urip Sumoharjo Cilacap, dia mengatakan, perbaikan ruas tersebut rencananya akan menggunakan konstruksi beton sepanjang 750 meter.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: