Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Nasional di Mentawai Perlu Ditunda

Kompas.com - 18/01/2011, 06:43 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Penundaan Ujian Nasional 2010/2011 bagi pelajar tingkat SMA dan SMP sederajat di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, diperlukan.

Pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Padang, Prof Dr Mukhaiyar, Senin (17/1/2011), mengatakan, penundaan itu terkait relatif belum siapnya pelajar di kawasan bencana itu menyusul bencana tsunami pada 25 Oktober 2010 lalu.

Penundaan bisa dilakukan sesuai konteksnya. Karena sebelumnya fasilitas belajar mereka rusak, kata Mukhaiyar, yang juga Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang itu.

Pemantauan Kompas, hingga akhir Desember lalu, ribuan korban tsunami masih bertahan di tenda-tenda darurat.

Padahal, pemerintah pusat lewat Kementerian Pendidikan Nasional telah menetapkan UN tingkat SMA/SMK/MA akan dilangsungkan pada 18-21 April dengan susulan pada 25-28 April.

Adapun jadwal UN SMP/MTs pada 25-28 April dengan UN susulan 3-6 Mei.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan, pihaknya mendukung kebijakan pemerintah pusat lewat Mendiknas untuk tidak memberikan dispensasi dalam penyelanggaraan UN.

Adapun Ketua DPRD Sumbar Yultekhnil menyebutkan, sekalipun akan terdapat pengaruh bagi pelajar dalam menghadapi UN, tetapi pihaknya memastikan bahwa hal itu tidak akan dijadikan alasan bakal turunnya tingkat kelulusan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com