Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertahankan Hypermart, Saham Matahari Tergerus

Kompas.com - 10/01/2011, 15:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Saham Matahari Putra Prima (MPPA) tergerus dalam hari ini. Pada pukul 14.01, saham MPPA anjlok hingga 9,58 persen menjadi Rp 1.510.

Penurunan saham MPPA terkait keputusan perusahaan yang berniat mempertahankan unit bisnis Hypermart miliknya. Dalam e-mail yang dikirim kepada Kontan, MPPA mengatakan akan mengajak mitra global dalam rangka ekspansi bisnis hipermarket dan divestasi aset nonmakanan serta noninti lainnya. MPPA mengambil keputusan tersebut setelah mendapatkan rekomendasi berupa review dari unit Merrill Lynch-Bank of America Corp.

Menurut juru bicara Matahari, melalui kerja sama ini, partner global bisa membeli saham mayoritas MPPA. "Kami ingin melakukan kerja sama dengan mitra global dan memutuskan untuk mempertahankan dan mengembangkan unit Hypermarket kami," ujar President Director MPPA Benjamin Mailool.

Keputusan tersebut ditanggapi negatif oleh pelaku pasar sehingga saham MPPA dilanda aksi jual. Sejumlah broker yang tercatat melakukan aksi jual saham MPPA antara lain: Bahana Securities senilai Rp 9,03 miliar, ETrading Securities senilai Rp 2,91 miliar, dan Indo Premier Securities senilai Rp 1,44 miliar. (Barratut Taqiyyah/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com