Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Jekulo-Pati Sumber Kemacetan

Kompas.com - 05/01/2011, 07:55 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Kemacetan kendaraan akibat jalan rusak masih terus terjadi di sepanjang jalur Kudus-Pati, terutama ruas jalan Jekulo-Pati, jalur pantura timur, Jawa Tengah, Rabu (5/1/2011).

Menurut Purwito, pegawai asal Semarang yang setiap hari berkantor di Kota Pati, kemacetan itu akibat truk angkutan yang mogok karena salah satu bagian kendaraan rusak saat melindas jalan berlubang di jalan Jekulo-Pati sepanjang 10 kilometer.

"Bila kondisi jalan normal, hanya butuh waktu 45 menit untuk jarak tempuh jalur tersebut. Sejak jalan rusak parah, kini dibutuhkan waktu 3-4 jam lebih," ujarnya.

Seperti yang terjadi Rabu pagi, sejak pukul 06.30 kendaraan dari dua arah berjalan merayap. Jalan tidak hanya rusak, aspalnya terkelupas, tetapi juga hancur karena banyak lubang jalan dengan kedalaman 5-10 sentimeter.

Purwito menyarankan pengguna kendaraan bermotor menghindari jalan di jalur itu dengan mengambil jalur alternatif Kudus-Sukolilo-Pati. Di Sukolilo terdapat pertigaan besar, yang kalau mengambil arah ke kanan menuju Purwodadi dan arah sebaliknya ke Pati.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Danang Atmodjo menyatakan, upaya perbaikan jalur itu terkendala hujan. Perbaikan juga tak bisa maksimal karena arus kendaraan padat setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com