Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede "Manusia Akar" Dioperasi Lagi

Kompas.com - 04/01/2011, 18:43 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Dede "Manusia Akar" akan kembali menjalani operasi penipisan kutil di kedua telapak tangan dan kakinya. Operasi penipisan kutil tahap lanjutan ini akan dilakukan pada Selasa (11/1/2011) mendatang di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Dede dirawat lagi di RSHS sejak kemarin (Senin, 3/1/20111). Rencananya dia akan menjalani operasi pengangkatan kutil di kedua telapak tangan dan kakinya pada Selasa pekan depan," ungkap Ketua Tim Dokter Penanganan Dede di RSHS Bandung, Rahmat Dinata.

Rahmat mengatakan, dirawatnya Dede di RSHS Bandung merupakan rangkaian perawatan yang harus dijalani oleh pria yang terakhir kali dioperasi pada bulan Agustus 2010 itu.

"Ini kan untuk perawatan dia juga, penyakitnya ini kan tidak akan sembuh-sembuh. Jadi, setiap lima bulan sekali harus dicek kondisinya oleh kami," ujarnya.

Menurut Rahmat, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, kutil kecil yang tumbuh di bagian kepala dan wajah Dede sudah menghilang. "Kondisinya cukup baik, malah kutil yang berada di bagian kepala dan wajah Dede sudah hilang. Tapi, kutil yang berada di kedua telapak tangan dan kaki mengalami penebalan kembali," terangnya.

Selama menjalani perawatan di rumahnya, kata Rahmat, Dede mendapatkan gel atau salep khusus untuk membunuh virus human papiloma virus (HPV). Dikatakannya, beberapa waktu lalu seorang profesor dari Jepang siap membantu pengobatan Dede.

"Ada profesor dari Jepang yang akan memberikan bantuan pengobatan ke Dede, tapi izinnya masih diproses," kata Rahmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com