Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Rumah bagi Korban Merapi

Kompas.com - 03/01/2011, 19:07 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com — Sejak Jumat (31/12/2010), ratusan keluarga korban letusan Gunung Merapi di Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, bisa bernapas lega. Mereka tidak lagi harus tinggal di pengungsian, tetapi sudah bisa menempati rumah sementara bantuan pemerintah.

Meski sederhana, rumah-rumah itu cukup untuk berteduh dari hujan dan panas. Tidak lebih nyaman dibandingkan dengan rumahnya dulu, mungkin. Akan tetapi, setidaknya di rumah itu keluarga korban Merapi bisa memulai kehidupan baru sambil menunggu situasi aman dan mereka bisa membangun kembali rumahnya yang hancur atau bahkan hanyut diterjang lahar dingin.

Suasana di rumah hunian sementara yang berlokasi di Dusun Plosokerep, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, itu pun mulai bergairah. Ketika Kompas mengunjungi lokasi itu, terlihat anak-anak sedang bermain di halaman rumah.

Sementara itu, orang tua juga terlihat gembira dan menyiapkan berbagai perabotan. Pedagang mebel pun berdatangan menawarkan barang untuk mengisi rumah sementara itu. Warga terlihat antusias menawar mebel yang ditawarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com