Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Raung Terus Semburkan Abu Vulkanik

Kompas.com - 22/12/2010, 03:57 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS - Meski masih berstatus normal aktif, Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur, sejak Rabu (15/12) mengeluarkan beberapa kali semburan abu.

Hal itu dikemukakan Balok Suryadi, Kepala Pos Pengamatan Gunung Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Selasa (21/12). Penduduk Desa Manggar, Kecamatan Songgon, mengeluh karena semburan debu. Empat kecamatan lain juga terkena abu, yaitu Kecamatan Sempu, Singojuruh, Licin, dan Glenmore.

Jika angin dari selatan, semburan abu sampai ke Situbondo. Jika angin bertiup dari timur, semburan abu sampai ke beberapa desa di Kabupaten Jember dan Bondowoso. ”Sebaliknya, jika angin dari barat, abu mengarah ke Banyuwangi,” kata Balok.

Dari Probolinggo dilaporkan, kendati Gunung Bromo masih mengeluarkan asap, pelaku pariwisata kembali optimistis. ”Pariwisata di Bromo kembali menggeliat dengan pemberitaan yang ada. Wisatawan, terutama dari mancanegara, ingin melihat asap dari kawah Bromo,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Probolinggo Digdoyo Djamaludin Putra.

Sejauh ini sektor pertanian di Jawa Timur belum terimbas erupsi Gunung Bromo. Abu vulkanik memang menyebabkan kerusakan sebagian lahan pertanian dan perkebunan, tetapi belum berdampak signifikan terhadap angka produksi pertanian. Demikian dikatakan Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Jawa Timur Achmad Nur Falakhi, Selasa.

Di Bandung, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Sukhyar menyatakan, standar pemantauan gunung api aktif di Indonesia membutuhkan banyak pembenahan. (SIR/INA/BEE/CHE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com