Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Karyawan Freeport Kecelakaan

Kompas.com - 21/12/2010, 20:50 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com- Dua kecelakaan terjadi hampir bersamaan di jalur distribusi PT Freeport Indonesia, Selasa (21/12/2010), di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Bus karyawan perusahaan tambang emas dan tembaga yang sedang berjalan dari Tembagapura menuju Timika terguling dan menyebabkan tiga orang luka ringan.

Beberapa saat kemudian, kendaraan penolong yang diberangkatkan menuju lokasi kejadian juga terguling, sehingga membuat seorang karyawan asing terluka.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua Komisaris Besar Wahyono, Selasa petang di Jayapura mengatakan, kecelakaan bus karyawan terjadi sekitar pukul 15.40 Waktu Indonesia Timur.

Ia menjelaskan bus karyawan bernomor 14-0230 itu akan mengantarkan karyawan dan keluarganya yang cuti Natal dari Tembagapura menuju Bandara Mozes Kilangin Timika.

Nahas, sesampai di mile 55, bus yang dikemudikan Heru Agung ini malah terbalik. "Dugaan sementara tergelincir," ujarnya. 

Salah seorang korban adalah Jein Mongi (31), pembantu rumah tangga, mengalami luka terkilir di kaki kanan.

Ditambahkan Wahyono, Sekitar 30 menit kemudian, mobil penolong dari Timika dikerahkan ke lokas, tetapi nahas, kendaraan ini juga malah terguling di mile 54. Mobil yang dikendarai Paul ini juga diduga tergelincir akibat licinnya jalan.

Penumpang, John Bekwwer, warga Amerika mengalami luka pada pergelangan tangan kiri dan rusuk kiri. "Satu anggota satuan pelopor Brigadir Satu Lamhot Nababan juga mengalami luka tangan kiri," kata Wahyono. Para korban telah dirawat di Rumah Sakit Kuala Kencana. Namun tidak menjalani rawat inap, karena hanya mengalami luka ringan.

Juru Bicara Freeport Indonsia Ramdani Sirait belum memberikan keterangan dan konfirmasi terkait kecelakaan ini. Hingga pukul 20.30 WIT, Ramdani tidak merespon telepon dan pesan singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com