Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fraksi PDI-P DPRD DIY Dukung Penetapan

Kompas.com - 13/12/2010, 17:25 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyatakan dukungan Sultan Hamengku Buwono dan Paku Alam yang bertakhta sebagai sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY. Sikap politik itu disampaikan dalam rapat paripurna DPRD DIY tentang penentuan sikap politik DPRD DIY tentang keistimewaan DIY, Senin (13/12/2010).

"Sebagai wujud konsistensi PDI Perjuangan dan keteguhan sikap untuk tetap bersama-sama rakyat maka fraksi PDI Perjuangan menyatakan penetapan Sri Sultan Hamengku Buwono dan Paku Alam sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY," ucap G Totok Hedi Santosa, juru bicara FPDI-P DPRD DIY.

Fraksi PDI-P memandang masalah keistimewaan dengan penetapan gubernur dan wakil gubenrur adalah persoalan harga diri rakyat Yogyakarta. Rakyat Yogyakarta dengan tegas menyatakan bahwa untuk gubernur/wakil gubernur tidak ada opsi lainnya kecuali penetapan.

"Dan sesuai dengan Amanat 5 September 1945 dan aturan-aturan yang menyertainya bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur adalah melekat pada Sultan dan Paku Alam yang jumeneng (bertahta)," ungkap Totok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com