Selasa, 25 November 2014

News / Regional

Inilah Tips Beli Barang Murah di Batam

Sabtu, 27 November 2010 | 06:52 WIB

KOMPAS.com- Pulau Batam terkenal di mata masyarakat dengan barang-barang berharga murahnya. Mulai dari produk elektronik, produk fesyen, hingga makanan ringan. Namun, jika kita tidak memiliki strategi berbelanja khusus, harga yang kita dapatkan tidak akan jauh berbeda dibanding kota-kota lainnya.

Yudi, warga Batam yang telah sekitar 15 tahun menjadi supir dari perusahaan penyewaan mobil di kota ini memberikan tips-tips agar kita bisa berbelanja dengan harga murah.

Pertama, sebelum membeli kita harus mengetahui harga asli suatu barang di kota lain, misalnya Jakarta. Ini penting, terutama saat kita hendak membeli produk elektronik.

"Misalnya beli kamera, lihat dulu di Jakarta berapa harga kameranya. Terus kalau yang dagang nawarinnya dengan harga sama dengan yang di Jakarta atau nggak beda jauh, bilang saja begini, di Jakarta saja harganya sekian, masa mau kasih harga sama," ungkap Yudi.

Cara ini dianggap sebagai cara tawar menawar paling efektif, karena kita bisa mendapatkan barang resmi dengan harga jauh dibawah harga pasaran.

Kedua, saat kita menawar suatu barang, perlihatkan kalau kita serius membeli dan punya uang, bukan sekedar iseng. "Orang sini kalau yang beli serius pasti dikasih harga bagus, tapi kalau cuma iseng-iseng enggak bakalan mau turun banyak dia. Yang penting jangan kelihatan butuh banget," ujar Yudi.

Tips ketiga adalah tanya dengan seksama kualitas barang yang akan dibeli. Biasanya, untuk produk elektronik terdapat tiga jenis barang: asli dan resmi, rekondisi, dan ilegal alias selundupan. Jangan sampai kita membeli dengan harga yang seharusnya menjadi harga barang resmi tapi mendapatkan barang rekondisi.

Umumnya di toko-toko besar, pedagang akan menjelaskan dengan seksama mengenai barang dagangannya.

Keempat, kita perlu tahu tempat pusat penjualan suatu barang, misalnya jika ingin mencari elektronik pergilah ke Lucky Plaza di kawasan Nagoya, Batam. Jika ingin mencari barang-barang fesyen pergilah ke Nagoya Hills di kawasan yang sama. Dan jika ingin mencari makanan-makanan kecil luar negeri pergilah ke Plaza Top 100 Penuin di kawasan Penuin, Batam.

"Di tempat lain sih juga ada, tapi kualitas dan harganya enggak bisa dijamin," ungkap Yudi.

Kelima, jangan membeli produk dengan tipe paling baru. Usahakan agar kita membeli produk yang sudah beberapa bulan keluar di pasar. "Kalau tipe-tipe yang baru keluar bedanya enggak terlalu banyak, apalagi untuk barang elektronik," ujar Yudi.

Keenam, usahakan mengajak seseorang yang kita percaya untuk mengantar ke toko karena ada beberapa toko di Batam yang nakal. "Takutnya kalau jalan sendiri ditipu, jadi lebih baik bawa orang sini," tutur Yudi.

Soal benar tidaknya tips itu, silakan coba sendiri. Di luar itu jangan lupa, kepintaran seseorang menawar jauh lebih menentukan.


Editor : Marcus Suprihadi