Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Animasi Indonesia Menginternasional

Kompas.com - 26/11/2010, 13:04 WIB

Oleh Slamet Widodo

Membicarakan film animasi tentunya akan menggiring ingatan ’kita’ pada karya maestro dunia seperti Walt Disney dengan tokoh Donal Bebek-nya, Warner Bross yang sukses melambungkan "Tom and Jerry", ataupun Hana-Barbera dengan Scooby Doo yang cukup melegenda di ingatan anak-anak.

Namun, siapa sangka dari sebuah resor di salah satu sudut Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau, telah lahir puluhan film animasi yang kualitasnya tak kalah dari film produksi dari negeri Paman Sam sekalipun.

Sebuah resor yang bernama Turi Beach di kawasan Nongsa ternyata dihuni bukan hanya oleh para pelancong yang ingin menikmati indahnya pantai berpasir putih, namun juga oleh ratusan kaum muda yang kreatif di bidang animasi.

Ratusan kaum muda kreatif itu bekerja di bawah payung PT. Systrans Multi Media. Mereka telah menghasilkan berbagai karya animasi yang dipesan oleh berbagai perusahaan sinema bertaraf internasional.

"Animator muda itu berasal dari berbagai kota di Indonesia," kata Daniel Harjanto, ’bos’ PT. Systrans Multi Media, di Batam, Kamis.

Salah satu karya film animasi yang telah menginternasional adalah film ’Sing to the Dawn’ yang diproduksi PT. Systrans Multi Media dengan bendera Infinite Frameworks (IFW).

Film tersebut selesai diproduksi tahun 2009 atas kerjsama dengan pemerintah Singapura. "Kerjasama itu ditandatangani tahun 2005 dan baru selesai diproduksi pada empat tahun kemudian," katanya.

Pengerjaan film itu sepenuhnya dilakukan di Batam oleh sekitar 150 animator asal Indonesia dan hanya melibatkan lima animator asing.

Distribusi film Sing to the Dawn yang memakan biaya sekitar 2,5 juta dolar Amerika Serikat itu mencakup ke berbagai negara seperti Singapura, Korea, dan Rusia, katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com