Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pacitan Paling Rawan Gempa Tektonik

Kompas.com - 22/11/2010, 10:49 WIB

Kabupaten Pacitan termasuk salah satu kawasan paling rawan gempa tektonik di Jawa Timur. Wilayah ini berada di salah satu jalur sesar utama Pulau Jawa.

”Semua daerah di kawasan pesisir selatan Jawa sebenarnya rawan jika terjadi gempa tektonik. Tetapi Pa- citan masuk kategori risiko tinggi karena berada di jalur Sesar Grindulu,” kata staf ahli geologi Dinas Pertambangan dan Energi Pacitan, Hadi Surahman, Sabtu (20/11) di Pacitan.

Sesar Grindulu yang dimaksud Hadi merupakan jalur patahan dari lempeng benua yang membentuk Pulau Jawa yang membentang di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Bandar, Nawangan, Punung, Arjosari, serta Donorojo.

Oleh karena itu, Hadi mengimbau seluruh warga Pacitan, khususnya di lima kecamatan yang menjadi jalur sesar, agar selalu waspada.

Masyarakat dianjurkan segera keluar rumah dan mencari lokasi tanah lapang yang aman demi menghindari efek kerusakan jika sewaktu-waktu terjadi gempa tektonik di pantai selatan Jawa, khususnya di sekitar Pacitan dan Jawa Tengah

Secara kasat mata, menurut dia, salah satu jalur sesar utama di Pulau Jawa itu searah dengan jalur Sungai Grindulu, yang memanjang dari pantai selatan hingga daerah hulu di Kecamatan Bandar.

”Jalur sesar ini menjadi sangat rawan karena menjadi area rambatan gempa apabila terjadi tumbukan antara lempeng benua di Pulau Jawa dan lempeng samudera di laut selatan,” kata Hadi. (ANTARA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com