Kamis, 27 November 2014

News / Regional

Fenomena

Macan Malah Baru Turun dari Merapi

Kamis, 11 November 2010 | 18:03 WIB

Terkait

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Meningkatnya aktivitas Gunung Merapi membuat seekor macan turun dari hutan dan masuk ke perkampungan warga di Dusun Kuwron, Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Kamis (11/11/2010).

Budiharjo, Camat Pakem, mengatakan, macan itu terlihat oleh warga masuk ke kandang sapi sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah dikejar warga, macan itu lalu kabur ke semak-semak dan menghilang. Untungnya, macan itu belum melukai hewan ternak milik warga.

Dijelaskan Budi, hewan-hewan buas memang biasa turun dari hutan ketika aktivitas Gunung Merapi mulai meningkat. "Kalau Merapi beraktivitas kan panas di atas. Hewan buas terus turun, tapi ini aktivitasnya sudah sekian lama kok baru sekarang turun," tanya Budi di posko pengungsian di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta.

Sebelumnya, menjelang Merapi meletus, warga juga melaporkan bahwa puluhan ekor elang meninggalkan sarangnya di hutan. Fenomena tersebut sudah sering terjadi setiap kali Merapi meningkat aktivitasnya. Kawanan kera dari kawanan hutan Merapi juga dilaporkan eksodus ke Merbabu.


Editor : Tri Wahono