Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Yogya Terasa Juga di Blitar

Kompas.com - 09/11/2010, 18:08 WIB

BLITAR, KOMPAS.com- Meski tidak keras, guncangan gempa yang berpusat di barat daya Bantul, Yogyakarta, siang tadi, terasa juga di Blitar, Jawa Timur. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan apalagi jatuhnya korban akibat guncangan gempa yang berlangsung sekitar 30 de tik tersebut.  

Bisri Junaedi, warga Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, mengatakan, gempa terjadi dua kali dengan selang waktu yang sangat kecil. Gempa pertama getarannya lebih kuat dibandingkan dengan gempa kedua.

Menurut penjual bakso itu, getaran gempa terasa oleh guncangan di tanah, dan getaran rak dan meja tempatnya berdagang.

Sejumlah staf dan polisi yang sedang bertugas di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Blitar juga merasakan getaran gempa. Mereka sempat saling mengingatkan adanya gempa, namun tidak sampai panik.

Kepala Sub Bidang Penanggulangan Bencana Perlengkapan dan Penyelamatan Pengungsi Badan Kesatuan Kebangsaan Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Blitar Katidjan membenarkan terjadinya gempa bumi di wilayah Blitar.

"Gempa terjadi pada pukul 14.03 lebih 27 detik. Getarannya tidak hanya dirasakan di Blitar akan tetapi sampai ke wilayah Kabupaten Pacitan dan Trenggalek," ujarnya.

Berdasarkan data dari BMKG Karangkates, Malang, yang ia terima, kekuatan gempa mencapai 5,6 Skala Richter. Pusat gempa dideteksi berada di titik 8,98 Lintang Selatan dan 110,08 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di laut sekitar 125 kilometer barat daya Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Kedalaman gempa terdeteksi sekitar 10 kilometer. Kabar baiknya, gempa tersebut tidak berpotensi memicu munculnya tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com