Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Ambrol Diterjang Lahar Dingin

Kompas.com - 04/11/2010, 15:53 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com Jembatan pintu air di Padasan, Pakembinangun, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (4/11/2010), ambrol diterjang derasnya aliran lahar dingin dari puncak Gunung Merapi. Aliran lahar dingin itu sudah mengalir sejak siang tadi dan semakin lama semakin deras.

Nuryadi (42), salah seorang warga sekitar, mengatakan, jembatan selebar dua meter dan panjang sekitar 30 meter itu biasa digunakan warga untuk mengambil jalan pintas menuju Wukirsari, Cangkringan. "Motor, sepeda, pejalan kaki biasa lewat jembatan itu. Sekarang harus mutar 1,5 kilometer," katanya.

Berdasarkan pemantauan Kompas.com, lahar mengalir membawa batang-batang pohon besar, pohon pisang, tumpukan bambu, kerikil, dan batu. Tak jauh dari jembatan itu, belasan warga berjaga-jaga di jembatan lain. Warga melarang pengendara motor dan mobil untuk berhenti di tengah-tengah jembatan karena hanya untuk melihat derasnya aliran lahar.

Dentuman-dentuman keras terdengar dari bawah jembatan. "Ini bahaya. Takut ambrol," kata salah seorang warga.

Lahar itu juga merusak sawah-sawah di sekitar Kali Kuning lantaran lahar meluap.

Foto lengkap di: KOMPAS IMAGES

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com