Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Pura Dibobol Maling

Kompas.com - 02/11/2010, 19:03 WIB

BADUNG, KOMPAS.com - Meski Polda Bali telah menangkap gembong pencuri pratima atau benda sakral di Pura, ternyata tak membuat pelaku lain jera. Sebuah Pura yang terletak di lingkungan Pusat Pemerintahan (Puspem) Badung dibobol maling dan baru diketahui senin (01/11/2010). Maling tersebut berhasil menggasak perangkat gamelan milik kelompok Sekaa Gong Pemkab Badung.

Aksi pencurian ini baru disadari saat kelompok Sekaa Gong Pemkab Badung hendak latihan di sekitar area Pura. Saat itu mereka terkejut karena perangkat gong kebyar sudah tidak ada di tempat penyimpanannya yakni bale gong yang berada di sisi timur jaba tengah Pura Lingga Buana.

Barang-barang yang raib diantaranya 2 buah gangsa yang masing-masing memilik 10 buah daun, 2 unit jublag yang memiliki 5 buah daun, 1 jugal yang memiliki 10 buah daun, dan satu unit jegog yang memiliki 5 buah daun. Barang-barang yang dicuri tersebut merupakan alat musik tradisional Bali.

Kejadian inipun mereka laporkan ke Polres Badung dengan harapan pelakunya dapat segera ditangkap. Dugaan sementara pelaku lebih dari satu orang, karena peralatan tersebut memiliki bobot yang cukup berat. Dari pemeriksaan sementara, polisi menyimpulkan pelaku cukup lihai dalam menjalankan aksinya.

Tidak ada gembok yang rusak dan pelaku sempat memutuskan aliran listrik saat menggondol alat-alat musik tersebut.

Kasat Reskrim Polres Badung AKP Soma Adnyana mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap kasus ini. “Masih kita kembangkan laporannya, kemarin anggota sudah turun di TKP,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (2/11/2010).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com