Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Cagar Budaya di Mentawai Selamat

Kompas.com - 30/10/2010, 06:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Benda Cagar Budaya (BCB) masing-masing berupa 2 bunker Jepang di Desa Muara Seberut, Kecamatan Siberut Selatan, dan 1 rumah tradisional Suku Satairarak dan 1 rumah tradisonal Suku Saurai, keduanya berada di Desa Mailepet, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai  selamat dari bencana Tsunami.

"Wilayah Siberut Selatan tidak terkena bencana tsunami, sehingga 4 BCB tersebut selamat," kata Kepala Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Batusangkar, Sumatera Barat (Sumbar) Fitra Arda dalam laporannya kepada Crisis Cenger Budpar di Jakarta, Jumat siang (29/10).

Fitra mengatakan, petugas BP3 Batusangkar akan melakukan inventarisasi benda cagar budaya di kawasan Pagai Utara, sebagai daerah yang paling parah terkena bencana tsunami. "Di daerah ini belum ada BCB yang terdaftar di kantor kita. Karena sulit mencari informasi, maka kalau ada informasi kita akan segera ke sana," kata Fitra Arda.

Gempa tektonik berkekuatan 7,2 skala richter yang menimbulkan tsunami melanda kawasan Pagai Utara, Mentawai, Sumbar pada Senin (25/10). Musibah tsunami ini mengakibatkan korban jiwa ratusan orang dan harta benda.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com