Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Mbah Maridjan Jadi Bintang Iklan?

Kompas.com - 27/10/2010, 18:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar meninggalnya Mbah Maridjan membuat jajaran perusahan PT Sidomuncul berduka. Betapa tidak, juru kunci Gunung Merapi itu adalah bintang iklan dari satu produk perusahaan jamu tersebut.

Pemilik Sidomuncul, Irwam Hidayat, dalam wawancara eksklusif dengan wartawan Tribunnews.com, Budhi Prasetyo, menceritakan bagaimana perkenalannya dengan Si Mbah hingga mau menjadi bintang iklan. "Saya kagum karena dia tidak silau oleh keduniawian," kata Irwan.

Irwan mengaku, saat pertama kali berkenalan dengan Mbah Maridjan, lelaki sepuh itu bahkan tidak menoleh ke arahnya. Padahal saat itu orang yang mengenalkan mengatakan bahwa Irwan adalah pemilik Sidomuncul dan orang kaya. Mbah Maridjan mau bercakap hangat saat Irwan memperkenalkan diri sebagai adik ipar dari IR Anton Sujarwo dari Yayasan Dian Desa, bukan sebagai orang kaya.

IR Anton diingat Mbah Maridjan sebagai orang yang memberikan air ke desanya yang diterima Mbah Hargo, ayah Mbah Maridjan. Saat diperkenalkan sebagai ipar Anton itulah Mbah Maridjan baru mau melihat ke arah Irwan dan menjabat sekali lagi tangan Irwan.

"Kalau Mas Anton, saya kenal. Dia kan orang yang baik. Pada tahun 1974 kan Mas Anton yang memberi air pada penduduk di daerah ini, yang diterima oleh Mbah Hargo, bapak saya," kata Irwan, menirukan ucapan Mbah Maridjan kala itu.

"Dan kalau pada akhirnya Mbah Maridjan mau membantu Sidomuncul dengan menjadi bintang iklan Kukubima Ener-G, itu karena pertimbangan bahwa saya adalah adik ipar Anton Sujarwo dan ingin membalas kebaikan kakak ipar saya, Anton Sujarwo," kata Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com