Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertambah, Korban Tewas 23 Orang

Kompas.com - 26/10/2010, 16:09 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Data sementara yang masuk ke Pusat Pengendalian Operasional Sumatera Barat menunjukkan, 23 warga Kepulauan Mentawai tewas akibat tsunami pascagempa berkekuatan 7,2 skala Richter yang melanda daerah itu, Senin (25/10/2010) malam.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasional Sumbar hingga Selasa sore, tim SAR telah menemukan 23 mayat korban. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Harmansyah mengatakan, pencarian terhadap korban yang hilang masih dilanjutkan.

Sebelumnya, Hermansyah juga menuturkan, tercatat 103 orang hilang, 10 desa rusak, dan 650 keluarga mengungsi.

Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan tim ke Mentawai, Sumatera Barat, untuk membantu penanganan korban bencana gempa dan tsunami. Menurut staf Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI Achmad Djaelani dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Selasa (26/10/2010), pihaknya juga telah mengirimkan ambulans ke sana.

"PMI Sumatera Barat sudah mengirimkan empat ambulans, menyiagakan puluhan personelnya untuk segera melakukan assessment awal. Untuk sementara, kami masih menunggu laporan dari PMI provinsi mengenai situasi di Mentawai," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com