Kamis, 2 Oktober 2014

News / Regional

Karoseri Adi Putro Malang Terbakar Habis

Minggu, 17 Oktober 2010 | 01:28 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Pabrik perakitan otomotif PT Adi Putro di Jalan Bale Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, terbakar, Sabtu (16/10/2010) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pukul 20.00 malam itu. Namun, dilaporkan, beberapa karyawan yang sedang bekerja mengalami luka-luka ringan. Karyawan yang teluka saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Dr Saiful Anwar, Kota Malang.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi di lokasi, kebakaran di unit bengkel mesin dan perakitan yang berada di bagian pojok belakang pabrik sisi selatan berlangsung singkat, yakni sekitar 25 menit.

Meskipun demikian, api mampu menghanguskan seluruh isi area bengkel seluas 20 kali 80 meter yang digunakan untuk unit perakitan mesin, bodi, dan kaca yang terkenal berkualitas itu.

Berdasarkan keterangan Didi Widjarnako, sekuriti PT Adi Putro, api diketahui pertama kali oleh dua orang petugas sekuriti Iwan dan Sulis yang saat itu melakukan kontrol rutin.

"Dari salah satu ruangan kantor, mereka mengaku melihat ada percikan api dari atap dan tiba-tiba saya api sudah membesar," ujar Didi.

Didi juga mengatakan, terdengar bunyi ledakan keras sebanyak lima kali dari lokasi kebakaran. Karena upaya memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran ringan tidak berhasil, pihak Adi Putro kemudian menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Malang.

Dinas Pemadam Kebakaran itu langsung mengirimkan lima unit mobil pemadam kebakaran. Api dengan cepat bisa dipadamkan. "Ada dugaan konsleting listrik," kata Didi.

Kepala Kepolisian Sektor Blimbing AKP Gatot Suseno mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran dan masih memeriksa saksi-saksi. (STF4)


Editor : yuli
Sumber: