Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Meninggal Wasior Jadi 101 Orang

Kompas.com - 08/10/2010, 18:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah korban banjir bandang di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat, yang terjadi Selasa (5/10/2010), mencapai 101 orang. Hal tersebut dikatakan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menggelar jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/10/2010).

"Tadi pagi saya menerima informasi jumlah korban meninggal 95 orang, tapi setelah bertemu Ketua BNPB Pak Syamsul Ma'arif sore ini menjadi 101 saudara-saudara kita," ujar Presiden. Dalam pernyataan pertamanya mengenai banjir bandang di Wasior kepada publik ini, Presiden menyampaikan belasungkawa dan berjanji akan segera ke lokasi bencana untuk bertemu warga dan meninjau langsung kondisi daerah yang dilanda bencana tersebut.

Presiden juga menjanjikan aksi tanggap darurat akan dilakukan terus-menerus agar secepatnya dapat dilakukan proses rehabilitasi di daerah tersebut. TNI telah diperintahkan untuk mengerahkan 5 KRI untuk mengengkut logistik, makanan cepat saji, obat-obatan, termasuk material yang tidak mudah didapat di sana untuk rekonstruksi dan rehabilitasi tahap pertama.

Terkait proses penanganan permukiman warga di daerah tersebut di masa depan dan penyebab bencana yang masih menjadi perdebatan saat ini, Presiden menyatakan masih perlu mempertimbangkan masukan dari Gubernur Papua Barat dan para pakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com