Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Banjir Wasior Jadi 87 Orang

Kompas.com - 07/10/2010, 11:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Data sementara yang diperoleh dari Palang Merah Indonesia Papua Barat hingga Kamis (7/10/2010) pukul 06.30 WIT, korban tewas akibat banjir bandang di Wasior, Papua Barat, mencapai 87 orang dan luka-luka 837 orang.

"Sampai tanggal 7 Oktober 2010 pukul 06.30 WIT, korban meninggal tercatat 87 orang, luka-luka 837 orang," kata Sekretaris PMI Daerah Papua Barat La Abidin di lokasi ketika dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Banjir bandang di Wasior, Papua Barat, terjadi pada Minggu pagi dan memorak-porandakan ratusan rumah warga serta berbagai fasilitas umum lainnya. Abidin mengatakan, sampai hari kelima ini, masyarakat masih trauma atas kejadian tersebut sehingga masih mengungsi ke Manokwari dan Nabire.

Tim PMI masih terfokus memberikan pelayanan kesehatan dan evakuasi korban tertimbun longsor. Selain itu, tim PMI juga melakukan pendataan di tempat pengungsian. "Saat ini kebutuhan mendesak di lokasi bencana adalah sarung tangan tebal, kantong jenazah, dan masker untuk mengangkat jenazah dari timbunan longsor yang mulai rusak kondisi tubuhnya," kata La Abidin.

Selain itu, juga dibutuhkan segera air minum, selimut, sepatu boot, gergaji mesin, serta kendaraan roda dua dan empat untuk mengangkut logistik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com