Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakob Oetama Dapat Penghargaan IKAPI

Kompas.com - 02/10/2010, 15:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menganugerahkan penghargaan kepada tiga tokoh dari generasi berbeda. Penyerahan penghargaan disampaikan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal didampingi Ketua Umum IKAPI Setia Dharma Madjid dalam pembukaan Indonesia Book Fair (IBF) 2010 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (2/10/2010).

Penghargaan diberikan kepada artis cilik Umay (9), yang dinobatkan sebagai jagoan baca cilik. Umay dinilai mencerminkan anak yang pintar, berprestasi, kreatif, dan senang membaca.

Adapun penghargaan khusus bagi penulis diberikan kepada Andrea Hirata yang saat ini sedang menempuh pelatihan penulisan di Universitas Iowa, Amerika Serikat. Andrea dinilai sebagai penulis fenomenal lewat karya-karyanya, tetralogi Laskar Pelangi.

Sementara itu, penghargaan Achievement Award diberikan IKAPI kepada Jakob Oetama. Presiden Komisaris  Kompas Gramedia ini dinilai layak disebut sebagai tokoh penerbitan.

"Kompas Gramedia telah menjadi bagian kehidupan literasi kita yang ikut berusaha untuk mengembangkan minat baca masyarakat dan kemajuan perbukuan di Indonesia," kata Setia Dharma.

Adapun pelaksanaan IBF berlangsung hingga 10 Oktober. Masyarakat bisa mendapatkan buku murah dengan diskon hingga 70 persen. Selama kegiatan banyak acara menarik yang terbuka untuk masyarakat umum, baik secara gratis maupun membayar. Acara-acara di IBF meliputi talkshow, lomba mewarnai dan menggambar, serta kompetisi Matematika untuk anak SD, peluncuran buku, hingga workshop mendongeng dan membuat komik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com