Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Haji Bantul Penuh sampai 2016

Kompas.com - 22/09/2010, 19:24 WIB

BANTUL, KOMPAS.com Tingginya minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji membuat kuota yang tersedia sering tidak mencukupi. Hingga tahun 2016, kuota untuk Bantul sudah penuh. Tahun ini kuota untuk Bantul tercatat 872 orang dan akan diberangkatkan tanggal 24 Oktober mendatang.

Hingga tahun ini, jumlah pendaftar yang masuk dalam antrean tercatat 4.194 orang. Padahal, tiap tahun kuota Bantul hanya berkisar 877 orang. "Jadi, bagi yang ingin mendaftar sekarang kemungkinan baru bisa berangkat setelah tahun 2016. Total antrean seluruh DIY tercatat 15.703 orang," kata Kepala Dinas Sosial Bantul sekaligus Ketua Panitia Pamitan Haji, Mahmudi, Rabu (22/9/2010).

Menurutnya, anggota jemaah haji tertua tahun ini berusia 87 tahun, sedangkan yang termuda berusia 20 tahun. Jemaah terbanyak berasal dari Kecamatan Banguntapan dan paling sedikit dari Kecamatan Pajangan. Jemaah nantinya akan berangkat mulai tanggal 24-28 Oktober 2010 lewat beberapa kloter. Selain diberi vaksin meningitis, mereka juga disuntik vaksin influenza. Pemberian vaksin influenza terkait pandemi flu penyakit H1N1.

Sejak 21 hingga 29 September, para calon jemaah haji tengah menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Alasan itulah yang mendorong Pemerintah Arab Saudi memberlakukan aturan vaksin influenza bagi calon anggota jemaah sebelum memasuki negara mereka," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dr Siti Noor Zaenab Syech Said.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com