Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Depan, Operasi Kelayakan Angkot

Kompas.com - 21/09/2010, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai bulan depan, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menggelar operasi terhadap kelaikan angkutan umum. Ini dilakukan untuk menjaring angkutan umum yang tidak layak beroperasi.

Kepala Dishub DKI Udar Pristono mengatakan, operasi tersebut akan digelar di terminal-terminal dan jalan-jalan Ibu Kota. Uji terhadap kendaraan ini meliputi pengecekan kondisi luar (bodi) kendaraan, emisi gas buang, kelengkapan peralatan keselamatan, dan sebagainya. Pengujian ini sudah pernah dilakukan pada persiapan mudik Lebaran beberapa waktu lalu.

"Kami sebenarnya sudah melakukannya secara rutin, tapi ini akan dilakukan lebih ditingkatkan," kata Pristono seusai menghadiri upacara peringatan ke-39 Hari Perhubungan Nasional di lapangan IRTI Monas, Selasa (21/9/2010).

Pada uji kendaraan angkutan mudik Lebaran lalu, Dishub DKI telah menguji 2.370 bus di empat terminal bus antarkota antarprovinsi. Dari jumlah tersebut, 2.178 bus di antaranya dinyatakan lulus uji, sedangkan 192 unit atau 8,1 persen lainnya dinyatakan tidak lain jalan.

Persentase kendaraan yang tidak lulus uji itu mengalami penurunan dibanding tahun lalu, yaitu 190 kendaraan (17,13 persen) dari 1.109 bus yang diuji dianggap tidak layak jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com