Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warga Tewas, 19 Anggota Brimob Terluka

Kompas.com - 01/09/2010, 06:26 WIB

PALU, KOMPAS.com — Sebanyak 19 anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah terluka dalam insiden penyerangan Markas Kepolisian Sektor Biau, Kabupaten Buol, Selasa (31/8/2010) malam.

"Sampai Rabu pagi ini, korban dari anggota Polri yang luka dalam insiden itu sudah mencapai 19 orang," kata Kapolres Buol AKBP Amin Litarso yang dihubungi dari Palu, Rabu (1/9/2010) pagi.

Dia mengatakan, ke-19 anggota Brimob yang luka itu umumnya terkena lemparan batu, sabetan senjata tajam, dan bom molotov dari massa yang mengamuk.

Luka yang dialami para prajurit Brimob itu umumnya tidak parah kecuali satu orang yang tubuhnya terbakar setelah terkena lemparan bom molotov para penyerang.

Selain melukai 19 anggota Brimob, Kapolres Amin Litarso mengatakan, aksi itu juga menimbulkan kerusakan di bagian depan kantor Mapolsek Biau.

Beberapa atribut kepolisian, seperti motor operasional dan pakaian seragam di Balai Tempat Umum (BTU) Buol juga menjadi sasaran amuk massa. "Di lokasi itu, tiga dari empat motor milik anggota di BTU dibakar, dan satu motor lainnya dirusak," katanya.

Dia mengatakan, hingga Rabu pagi ribuan orang yang tadinya menyerbu Mapolsek Biau sudah tak tampak lagi, namun upaya koordinasi ke polsek-polsek tetap dilakukan untuk memantau perkembangan di lapangan.

Kapolres Amin Litarso juga membenarkan adanya upaya penyisiran warga terhadap para anggota polisi, baik di asrama maupun di lokasi lain.

"Saya juga mendapat informasi bahwa sejumlah warga di Desa Lakea memblokade jalan masuk kota Buol untuk menghalangi pasukan BKO yang ingin memasuki wilayah Buol," kata Amin Litarso.

Dalam kerusuhan penyerangan di Mapolsek Biau itu, korban tewas diduga lima warga sipil akibat ditembak polisi yang berupaya membubarkan massa. 

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com