Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Berdesakan di Pengungsian

Kompas.com - 29/08/2010, 17:56 WIB

KABANJAHE, KOMPAS.com - Ribuan warga Tanah Karo, Sumatera Utara, terpaksa berdesak-desakkan di posko pengungsian akibat letusan Gunung Sinabung pada Minggu (29/8/2010) sekitar pukul 00.15 WIB. Warga dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Payung, Kecamatan Tiga Ndreget, dan Kecamatan Namantran dievakuasi meninggalkan rumah mereka menuju Kabanjahe dan Brastagi menggunakan truk Dalmas, ambulans, dan truk milik Satpol PP Pemkab Karo.

Sebagian besar warga yang mengungsi hanya membawa pakaian di badan, sedangkan harta benda ditinggalkan di rumah mereka.

Hingga kini, bantuan bagi warga masih sangat minim. Padahal, di tenda pengungsian tersebut terdapat puluhan bayi dan anak-anak yang memerlukan bantuan. Minimnya bantuan yang diterima ribuan warga membuat para pemuda turun ke jalan untuk meminta sumbangan dari para pengendara mobil dan sepeda motor yang melintas di kawasan posko pengungsian.

Ribuan warga yang mengungsi berasal dari Desa Sukanalu, Kate Gugung, Singgarang-garang, Simacem, Bekrah, Sukameriah, Gurkinayan, Perbaji, dan Mardingding.

Rawin Sembiring, warga Desa Sukanalu, mengatakan, saat letusan terjadi, dirinya sedang berada di rumah. Letusan tersebut, kata dia, diiringi suara gemuruh dan lelehan lava pijar dari kawah gunung. "Kayak bola api, lava itu turun sampai ke bawah, kami panik dan berlarian," katanya.

Sebelumnya, Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut itu mulai menunjukkan aktivitasnya dengan mengeluarkan asap hitam pada hari Sabtu (28/08) pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com