Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letusan Sinabung Tewaskan Satu Orang

Kompas.com - 29/08/2010, 10:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Letusan Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, Minggu (29/8/2010) dini hari, dikabarkan menimbulkan korban jiwa satu orang. Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief, melalui Twitter.

"Seorang warga wafat setelah menderita sesak napas saat dalam perjalanan mengungsi keluar dari desanya. Surbakti (54), warga Desa Cinta Rakyat," tulis Andi Arief dalam akun Twitter @andiariefnew.

Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief, memang intensif membagikan info soal perkembangan aktivitas dan penanggulangan bencana Gunung Sinabung di Sumatera Utara melalui akun jejaring sosial Twitter.

"Presiden mengikuti terus perkembangan dan sudah dilaporkan soal terjadinya letusan ini," tulis Andi Arief di akunnya.

Dia menuliskan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Vulkanologi, komando penanganan ada di tangan Bupati Tanah Karo.

Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, meletus Minggu sekitar pukul 00.15 WIB. Sebelumnya, Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut itu mulai menunjukkan aktivitas dengan mengeluarkan asap hitam pada hari Sabtu (28/8/2010) pagi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menaikkan status Gunung Sinabung ke level awas. Selain itu, tipe gunung api tersebut juga diubah dari tipe B menjadi tipe A.

Palang Merah Indonesia memperkirakan setidaknya 12.000 warga mengungsi akibat letusan Gunung Sinabung. Saat ini, ribuan warga tersebut masih mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com