Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Sinabung Semburkan Debu

Kompas.com - 28/08/2010, 00:19 WIB

KABANJAHE, KOMPAS.com - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat (27/8) sekitar Pukul 20.00 WIB menyemburkan debu belerang.

Beberapa warga  di sekitar Kecamatan Namo Terang menyebutkan, debu berwarna putih bercampur zat belerang tersebut menyembur berulang kali dari kawah Gunung Sinabung hingga radius puluhan kilometer. Beberapa jam sebelum peristiwa itu warga sempat mendengar suara gemuruh di sekitar puncak gunung tersebut.

"Kejadian seperti itu sebelumnya tidak pernah terjadi dan banyak warga sempat panik melihat semburan debu putih dengan bau belerang itu," kata Hardi, warga Desa Kuta Gugung, Kecamatan Namo Terang.

Menyusul adanya semburan itu ratusan warga di sekitar kaki gunung berapi yang masih aktif itu terpaksa mengungsi. Debu belerang juga menyebar hingga ke sejumlah jalan raya di Kabupaten Karo, sehingga cukup mengganggu pengguna jalan.

Intensitas semburan debu bercampur belerang yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Karo tersebut dirasakan mulai berkurang menjelang pukul 22.00 WIB atau dua jam pasca semburan awal.

Hardi menambahkan hingga menjelang Jumat tengah malam di desanya belum ada terlihat Tim SAR maupun petugas dari Satuan Koordinasi Pelaksana (Satkorlak) Penanggulangan Bencana Pemkab Karo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com