Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merah Putih Berkibar di Pulau Terluar

Kompas.com - 16/08/2010, 21:01 WIB

KARIMUN, KEP KEPRI, KOMPAS.com - Komando Distrik Militer 0317 Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Senin mengibarkan bendera Merah Putih di Pulau Takong Hiu, sebuah pulau terluar yang berbatasan langsung dengan perairan Malaysia dan Singapura. 

Lagu Indonesia Raya berkumandang mengiringi pengibaran sang Merah Putih yang dipimpin Komandan Distrik Militer 0317 Karimun Letko (Arh) I Gede Widiyana. Puluhan personel Kodim serta Pangkalan TNI Angkatan Laut dengan khidmat mengikuti prosesi pengibaran Merah-Putih di langit Takong Hiu, pulau kecil berbatu-batu yang merupakan beranda terdepan Indonesia di Kabupaten Karimun. 

"Pengibaran Merah Putih di pulau ini merupakan instruksi Komandan Resor Militer 033/Wirapratama. Tujuannya untuk mempertegas keberadaan pulau terluar sebagai bagian dari kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Dandim Letkol I Gede Widiyana. 

Menurut Widiyana, TNI AD berkewajiban mempertahankan setiap jengkal tanah NKRI dari upaya pencaplokan negara asing. Tidak terkecuali Pulau Takong Hiu yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka serta perairan Malaysia dan Singapura. 

"Kami mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga pulau-pulau kita agar tidak lepas dari bumi pertiwi, terutama nelayan yang kami rangkul untuk mendeteksi dini setiap gerak-gerik mencurigakan dengan melapor kepada aparat terdekat,” katanya. 

Ia mengatakan telah menjalin koordinasi yang sinergi dengan Lanal Karimun, termasuk anggota TNI-AL yang bertugas di Pos Angkatan Laut Takong Hiu guna meningkatkan kewaspadaan terhadap tindakan yang mengancam kedaulatan NKRI. 

"Kami juga telah menugaskan anggota untuk bergantian membantu TNI AL mengamankan perairan di pulau itu,” katanya.  Ia juga mengimbau segenap komponen bangsa meningkatkan rasa nasionalisme dan menjalin kebersamaan bersama kemanunggalan TNI. 

"Pengibaran bendera merah putih ini merupakan simbol bahwa bangsa ini tidak menginginkan setiap jengkal tanahnya dirampas pihak asing,” ucapnya. 

Hadir dalam pengibaran bendera itu Komandan Pos AL Takong Hiu Letda Laut Edvand, petugas navigasi dan penjaga mercusuar Takong Hiu Sugiman dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. 

Pulau Takong Hiu merupakan pulau kecil yang berbatu-batu. Di pulau itu terdapat satu mercusuar yang dibangun pada abad ke-19 yang hingga kini menjadi pos pengamatan bagi aparat terkait terhadap lalu lintas kapal di perairan perbatasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com