Jumat, 18 April 2014

News / Internasional

Spanyol Peringkat Pertama FIFA

Kamis, 12 Agustus 2010 | 07:25 WIB

Baca juga

ZURICH, KOMPAS.com — Juara dunia Spanyol bertahan di peringkat pertama dunia dalam daftar peringkat terakhir yang dikeluarkan FIFA, Rabu (11/8/2010). Spanyol memimpin di atas runner-up Piala Dunia 2010, Belanda, dengan Brasil berada di tempat ketiga, dan Jerman menyusul di tempat keempat.

Tim peringkat 10 besar tidak berubah setelah hanya dua pertandingan internasional yang melibatkan dua tim papan bawah selama satu bulan terakhir. Meski demikian, tim Amerika Serikat turun lima peringkat ke peringkat 18 karena empat kemenangan mereka di Piala Emas Concacaf pada Juli 2009 nilainya turun.

FIFA mengubah rumusan yang sangat kompleks, dengan membuat peringkat setiap tim berdasarkan hasil selama empat tahun, untuk memberi nilai lebih pada pertandingan yang dilakukan di tiga konfederasi. Amerika Selatan saat ini memiliki nilai yang sama dengan Eropa serta Afrika dinaikkan di atas Asia dan Oceania.

FIFA mengatakan, perubahan dilakukan berdasarkan hasil pada tiga Piala Dunia terakhir dan akan berefek pada susunan peringkat berikutnya hingga Piala Dunia 2014 di Brasil. Mesir, meski tidak lolos putaran final Piala Dunia, menjadi tim asal Afrika yang berperingkat paling tinggi, menduduki peringkat kesembilan. Ghana, yang mencapai babak perempat final di Afrika Selatan, kini berada di peringkat ke-23.

Amerika Serikat memimpin zona Concacaf, sementara Meksiko turun satu peringkat ke peringkat ke-25.

Australia yang berada di peringkat ke-20 memimpin negara-negara Asia. Negara Asia lain terdekat adalah Jepang yang berada di peringkat ke-32. Oceania masih dipimpin oleh Selandia Baru yang berada di peringkat ke-54, yang merupakan satu-satunya tim yang tidak terkalahkan di Piala Dunia 2010. (AFP/REUTERS/RAY)


Editor : Tri Wahono
Sumber: