Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Bangsa Ini Bernama Cirebon

Kompas.com - 03/08/2010, 12:34 WIB

CIREBON, KOMPAS.com — Cirebon sekarang dikategorikan sebagai suku bangsa tersendiri, lepas dari suku Sunda ataupun Jawa. Hal ini akan semakin menguatkan masyarakat Cirebon yang memiliki identitas khusus yang berbeda dengan budaya Sunda dan Jawa.

Menurut Erna Tresna Prihatin selaku Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon, pengakuan keberadaan suku Cirebon terlihat ketika sensus penduduk 2010. Pasalnya, dalam kolom pertanyaan suku bangsa, terdapat kolom khusus suku Cirebon yang sebelumnya tidak pernah ada. Dengan demikian, suku bangsa Cirebon sudah diakui sebagai suku bangsa sendiri, tidak menginduk ke suku Jawa ataupun Sunda.

"Indikator itu dilihat dari bahasa daerah yang digunakan warga Cirebon tidak sama seperti bahasa Jawa atau Sunda. Masyarakat Cirebon juga punya identitas khusus yang membuat mereka merasa sebagai suku bangsa sendiri," ujar Tresna, Selasa (3/8/2010). Keberadaan keraton di Cirebon sejak abad ke-15 diyakini menjadi dasar terbentuknya suku Cirebon.

Penunjuk lainnya yang mencirikan seseorang sebagai suku Cirebon adalah dari nama-namanya yang tidak seperti orang Jawa ataupun Sunda. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut yang bisa menjelaskan tentang karakteristik identik tentang suku Cirebon. Untuk menelusuri kesukuan seseorang, hal itu bisa dilakukan dengan garis keturunan ayah kandungnya. Selain itu, jika orang itu sudah merasa memiliki jiwa dan spirit daerah itu, kata Tresna, maka dia berhak merasa sebagai suku yang dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com