Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-Rudi Teken Kontrak Politik

Kompas.com - 28/07/2010, 17:08 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta Joko Widodo-FX Hadi Rudyatmo (Jokowi-Rudi) usai dilantik untuk masa tugas kedua 2010-2015, Rabu (28/7/2010), meneken kontrak politik dengan mahasiswa di halaman Balai kota Surakarta.

Jokowi dan Rudi, Rabu, dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

Wakil Wali Kota FX Hadi Rudyatmo seusai menandatangani kontrak politik yang diajukan belasan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), menyatakan siap untuk melaksanakan.

"Saya beserta Pak Jokowi siap untuk melaksanakan semua apa yang menjadi tuntutan para anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEN) UNS. Namun semua juga tidak bisa dilakukan secara bersamaan tetapi bertahap," katanya.

Aksi simpatik yang digelar Forum Bersama Badan Eksekutif Mahasiswa se-UNS di halaman Balai Kota dengan koordinator Wachid Noor Hidayat itu bersamaan acara pelantikan wali kota.

Aksi tersebut bermaksud agar pasangan Jokowi dan Rudi benar-benar mampu menjalankan amanah yang diberikan oleh sekitar 90 persen warga Solo yang menggunakan suara mereka pada Pilkada beberapa waktu yang lalu dengan maksimal.

Mahasiswa dalam aksi damainya ini menuntut, program satu tahun melakukan reformasi birokrasi di lingkungan pemerintah kota, perbaikan fasilitas umum, dan program pelayanan publik.

Selanjutnya, penuntasan program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) dan penertiban sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional, realisasi pendidikan karakter dan kurikulum pendidikan anti korupsi.

Selain itu mahasiswa juga menuntut program pencegahan dan penanggulangan bencana banjir di Kota Solo, penertiban pajak retribusi dan penghapusan pungli, peningkatan implementasi kelurahan siaga di seluruh wilayah Surakarta, memperjelas hak guna bangunan (HGB) Benteng Vasternburg. Usai bertemu dengan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta, massa demonstran membubarkan diri dengan tertib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com