Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Telaga Sarangan Terkendala PKL

Kompas.com - 12/07/2010, 20:41 WIB

MAGETAN, KOMPAS.com - Pengelolaan tata ruang tempat wisata Telaga Sarangan yang terletak di Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, masih terkendala oleh keberadaan pedagang kaki lima (PKL).

"Pemkab Magetan ingin menciptakan tata ruang yang representatif untuk kawasan wisata Telaga Sarangan ini. Namun, untuk mewujudkan itu masih terkendala pengaturan letak PKL yang semrawut," ujar Bupati Magetan Sumantri, Senin (12/7/2010).

Idealnya, seluruh PKL yang berjualan di kawasan Telaga Sarangan berada di satu tempat tertentu yang khusus bagi para pedagang lesehan ataupun kaki lima.

Namun, penataan tersebut belum mampu diwujudkan oleh Pemkab Magetan karena beberapa hal alasan. Di antaranya adalah alasan pilihan tempat yang belum ada.

"Selain itu, Pemkab Magetan juga terkendala ketersediaan dana yang diperkirakan cukup besar. Penataan PKL di kawasan Telaga Sarangan membutuhkan persiapan yang matang dan dana yang besar. Hal ini yang belum mampu kami wujudkan," kata Bupati.

Untuk mengatasi kesemrawutan di kawasan Telaga Sarangan, terlebih pada saat liburan sekolah dan hari raya keagamaan, pihaknya telah mengoptimalkan sarana dan prasarana yang telah ada di sekitar Telaga Sarangan.

Yakni, penataan pedagang kali lima, lesehan, jasa persewaan kuda, pasar buah-buahan dan sayur-sayuran yang merupakan hasil bumi tanaman hortikultura daerah setempat, untuk ditata di wilayah tertentu.

"Seperti PKL sayuran dan buah-buahan di sebelah timur dan PKL kerajinan khas Telaga Sarangan Magetan berada di sebelah barat. Selain itu juga diberlakukan satu pintu masuk dan satu pintu keluar, sehingga memudah arus lalu lintas kendaraan," kata Bupati.

Meski masih memiliki kendala penataan ruang, namun Bupati Magetan optimistis Telaga Sarangan tetap dikunjungi wisatawan.

Apalagi dengan dibukanya jalan tembus Jawa Tengah-Jawa Timur yang menghubungkan Kabupaten Karanganyar dengan Magetan akan mendukung tingkat kunjungan wisatawan ke Magetan terlebih ke Telaga Sarangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com