Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabai Merah Picu Inflasi

Kompas.com - 01/07/2010, 13:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kenaikan harga cabai merah ternyata memiliki andil besar dalam memicu kenaikan inflasi pada bulan Juni 2010. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat cabai memberikan sumbangan sebesar 0,26 persen di atas beras yang hanya memberikan sumbangan sebesar 0,13 persen.

"Inflasi di bulan Juni paling besar didorong oleh cabai merah yang mengalami kenaikan 45,7 persen selama Juni 2010," tutur Kepala BPS Rusman Herawan dalam keterangan pers di kantor BPS, Kamis (1/7/2010).

Cabai merah dan beras memicu inflasi bersama sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga, seperti daging ayam ras, bawang merah, cabai rawit, emas perhiasan, angkutan udara, telur ayam ras, cabai hijau, sawi hijau, wortel, jeruk, bubur nasi, rokok kretek, rokok kretek filter, tarif kontrak rumah, upah tukang bukan mandor, dan tarif air minum PAM.

BPS mencatat inflasi Juni 2010 sebesar 0,97 persen yang disurvei dari 66 kota. Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh kenaikan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 3,2 persen; kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau 0,41 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 0,23 persen; kelompok sandang 0,93 persen; kelompok kesehatan 0,06 persen; kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga 0,06 persen; dan kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,15 persen.

BPS juga mencatat laju inflasi dari Januari-Juni 2010 sebesar 2,42 persen dan laju inflasi year on year sebesar 5,05 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com