Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Papua Potensial untuk PLTMH

Kompas.com - 30/06/2010, 10:07 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com — Sungai di Papua cukup potensial untuk dikembangkan sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro karena secara teknis memenuhi syarat menjadi sumber energi.

"Sungai di Papua rata-rata memiliki debit air yang tersedia sepanjang waktu, termasuk saat musim kemarau, sehingga potensial dikembangkan sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH)," kata Dosen Jurusan Teknik Elektro Universitas Cenderawasih (Uncen) Yosef Lefaan MT, di Jayapura, Rabu (30/6/2010).

Selain itu, syarat lain agar sungai dapat menghasilkan tenaga listrik adalah memiliki air terjun yang posisinya tinggi untuk menggerakkan turbin.

Menurut Yosef, sungai di Papua baik besar maupun kecil memenuhi syarat teknis tersebut sehingga memungkinkan dikembangkan sebagai sumber tenaga listrik yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas rumah kaca atau limbah.

Sejauh ini sejumlah daerah terpencil di Papua yang belum mendapatkan listrik dari PLN telah memanfaatkan aliran sungai untuk PLTMH, misalnya, di Wamena di Kabupaten Jayawijaya dan Mulia di Kabupaten Puncak Jaya.

Menurut dia, di Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom beberapa kampung juga sudah mendapatkan listrik dengan teknologi mikro hidro, sedangkan daerah lain yang dalam perencanaan pembangunan PLTMH adalah di Kabupaten Yalimo, Tolikara, dan Pegunungan Bintang yang secara geografis terletak di daerah pegunungan tengah Papua.

Yosef mengatakan, masih banyak kampung terpencil di daerah pedalaman Papua yang hingga kini belum mendapatkan listrik akibat sulitnya membangun infrastruktur pembangkit listrik.

Oleh sebab itu, sumber daya sungai menjadi salah satu alternatif yang potensial sebagai sumber tenaga listrik untuk masyarakat.

Salah satu sungai di Papua yang cukup besar menghasilkan daya listrik adalah Mamberamo. Sungai yang panjangnya mencapai 800 kilometer ini mampu menghasilkan daya sebesar 9.932 megawatt (MW).

Sungai tersebut melintasi daerah pegunungan bagian tengah Papua dan bermuara di utara Samudra Pasifik.

Di bagian selatan Pulau Papua juga mengalir Sungai Digul yang potensi dayanya mencapai 1.522 MW, Sungai Yuliana 2.291 MW, Sungai Tuuga 1.624,6 MW, dan Sungai Lorentz 232 MW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com