Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabai Tembus Rp 40.000 Per Kg

Kompas.com - 29/06/2010, 12:53 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Harga beragam kebutuhan pokok di pasaran, seperti bumbu, sayur, beras, hingga daging ayam, terus melambung. Kenaikan paling fantastis terjadi pada jenis cabai rawit merah yang mencapai harga Rp 40.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 35.000.

Harga cabai rawit hijau menjadi Rp 16.000 per kilogram. Cabai keriting hijau dan cabai merah keriting naik Rp 2.000 per kilogram. Adapun harga bawang putih Rp 25.000 per kilogram, sedangkan bawang merah Rp 15.000 per kilogram.

"Harga bisa lebih tinggi lagi kalau beli eceran," kata pedagang sayur di Pasar Ndalem, Pujokusuman, Yogyakarta, Asih, kemarin. Harga bawang putih eceran misalnya, Rp 7.000 per 0,25 kilogram.

Para pembeli maupun penjual di pasar tradisional mengeluh dan kewalahan menyiasati kenaikan harga yang tidak terprediksi. Biasanya harga beragam kebutuhan pokok naik menjelang Lebaran.

Pedagang sayur eceran seperti Siti memilih tidak berjualan cabai rawit merah. Hal ini karena harga di tingkat konsumen bisa naik Rp 45.000.

Pantau pasokan

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi DIY Astungkoro menyatakan, pihaknya akan terus memantau situasi agar pasokan kebutuhan pokok tak menghilang dari pasaran. "Sejauh ini masih aman dan belum ada yang hilang dari pasaran," kata Astungkoro.

Menurut dia, kenaikan harga beragam komoditas pangan tersebut disebabkan beragam faktor. Setiap tahun, harga cenderung naik pada bulan Juni, yang disebabkan masa libur kenaikan kelas. Kenaikan harga kali ini diduga juga dipicu rencana kenaikan tarif dasar listrik dan bahan bakar minyak.

Apalagi, saat ini DIY tuan rumah Muktamar Muhammadiyah 2010. Sebagai langkah antisipasi terus melonjaknya harga, Pemerintah Provinsi DIY berkoordinasi dengan para distributor pangan agar harga tidak naik di atas 10 persen.

Kenaikan harga terjadi satu pekan terakhir. Kenaikan juga melanda daging ayam potong.

Pedagang ayam potong seperti Halimah bingung karena daging ayam potong naik dari Rp 20.000 menjadi Rp 25.000 per kilogram. Kenaikan harga Rp 5.000 per kilogram tergolong tinggi.

Adapun beberapa jenis sayur seperti wortel, buncis, dan sawi hijau cenderung stabil. Barang kebutuhan pokok seperti gula pasir dan beras terus naik.

Beras jenis menthik wangi, misalnya, naik dari Rp 6.900 per kilogram menjadi Rp 7.500. Harga gula merah naik Rp 1.000 per kilogram. (WKM)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com