Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Bantaran Danau Limboto Meluas

Kompas.com - 24/06/2010, 10:00 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Banjir akibat luapan air Danau Limboto di wilayah Kabupaten Gorontalo yang telah berlangsung sejak hampir dua pekan terakhir semakin meluas. Berdasarkan pantauan, Kamis (24/6/2010), di bantaran Danau Limboto, banjir yang tadinya merendam ratusan rumah warga Desa Tabumela, kini meluas hingga ke desa tetangga, yakni Desa Tilote, Kecamatan Tilango.

Ketinggian air yang meluas hingga di desa tersebut, berkisar antara tiga centimeter hingga setengah meter. "Rumah yang letaknya lebih dekat batasnya dengan Desa Tabumela, lebih duluan terendam banjir," kata Irfan, salah seorang warga Desa Tilote.

Kini warga setempat mulai bersiap-siap mendirikan panggung di beranda rumah mereka, sebagai tempat tinggal darurat.

Sebelumnya, luapan air Danau Limboto menggenangi Desa Tabumela, yang jaraknya sekitar satu kilometer dari tepi Danau Limboto. Sebagian besar dari 1.361 penduduk setempat, hingga kini memilih bertahan di rumah mereka. Luapan air danau terbesar di Gorontalo itu mulai menyambangi rumah mereka sejak Rabu (16/6/2010) lalu.

Luapan juga merendam 262 rumah di Kelurahan Lekobalo, yang juga masih berada di kawasan Danau Limboto. Karena minimnya bantuan makanan dan obat-obatan, banyak warga setempat terutama balita dan orang lanjut usia, yang dikabarkan mulai diserang penyakit batuk, diare dan gatal-gatal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com