Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Gaji Ke-13 Gagal Dicairkan

Kompas.com - 14/06/2010, 11:59 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Pencairan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Malang, Jawa Timur, terkendala peraturan menteri keuangan (permenkeu) yang sampai saat ini belum turun.

Asisten III Sekkota Malang Imam Buchori, Senin (14/6/2010), mengakui, pencairan gaji ke-13 untuk sekitar 11.000 PNS di daerah itu masih menunggu permenkeu karena setiap tahun komponennya berubah.

"Sebenarnya kami juga sudah melakukan konsultasi dengan pihak Kementerian Keuangan. Namun hasilnya masih belum memuaskan dan kami diminta tetap menunggu turunnya permenkeu yang diperkirakan awal Juli mendatang," katanya.

Komponen gaji ke-13 bagi PNS setiap tahun ada perubahan. Apakah akan diberikan secara menyeluruh, yakni gaji pokok, tunjangan beras, dan tunjangan-tunjangan lainnya, atau hanya berupa gaji pokok dan tunjangan beras saja.

Meski demikian, Pemkot Malang sudah menyiapkan anggaran gaji ke-13 untuk 11.000 PNS yang ada di lingkungan pemkot sebesar Rp 12 miliar lebih.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pencairan gaji ke-13 memang dilakukan pada bulan Juni karena semangat awalnya adalah membantu PNS pada saat pendaftaran siswa baru. Saat itu, pengeluaran membengkak untuk kebutuhan biaya tahun ajaran baru.

Menyinggung CPNS yang baru menerima SK pengangkatan, Imam secara tegas mengatakan, CPNS baru di Kota Malang sebanyak 429 orang tidak termasuk yang mendapatkan gaji ke-13 karena belum terekam dalam gaji kepegawaian pada bulan Juni.

Menurut dia, ke-429 CPNS yang baru mendapatkan SK pengangkatan tersebut baru akan menerima gaji pertama pada bulan Juli mendatang.

"Mudah-mudahan sebelum akhir Juni ini sudah bisa dicairkan, sebab pada awal Juli tahun ajaran baru sekolah sudah dimulai sehingga akhir Juni pendaftaran siswa baru juga sudah ditutup," katanya.

Pendaftaran siswa baru untuk jenjang SMA, SMP, dan SD yang berstatus rintisan sekolah bertaraf internasional sudah dimulai sejak 17 Mei lalu. Adapun untuk sekolah reguler yang pendaftarannya melalui jalur online baru dibuka 23 Juni dan awal Juli sudah ada kegiatan masa orientasi sekolah.

Sementara itu, kegiatan belajar-mengajar di Kota Malang dimulai secara serentak pada pertengahan Juli 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com