Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh PT SIWS Mogok Tolak PHK

Kompas.com - 27/05/2010, 17:54 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan buruh PT Sumi Indo Wiring System melakukan mogok kerja dan berunjuk rasa di Blok D2, Kawasan Industri Bukti Indah, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (27/5/2010), menolak PHK terhadap sejumlah buruh perusahaan itu.

Para pengunjuk rasa yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Purwakarta, mengecam tindakan pihak perusahaan yang telah melakukan PHK sejumlah buruh dan menilai tindakan itu tidak wajar.

"Pemecatan dan skorsing terhadap sejumlah buruh di perusahaan itu sangat tidak wajar, karena itu dilakukan setelah sembilan buruh terlibat di organisasi buruh," kata Asep, salah seorang pengunjuk rasa.

Tidak ada alasan pemecatan sejumlah karyawan perusahaan yang memproduksi kabel untuk kendaraan bermotor itu, karena tidak ada ketentuan larangan bagi setiap orang untuk berkumpul atau berserikat, termasuk para buruh.

Hal tersebut juga sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 21 tahun 2000 tentang kebebasan berserikat.

Pengunjuk rasa minta pihak perusahaan mengkaji ulang kebijakan yang melakukan PHK, bagi sejumlah buruh di perusahaan itu.

PT Sumi Indo Wiring System saat ini sudah memiliki serikat pekerja dengan nama K-SPSI. Adanya serikat pekerja itu yang kemudian menjadi alasan pihak perusahaan untuk melarang buruh bergabung ke serikat pekerja yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com